sejarah keperawatan

Sejarah keperawatan — Presentation Transcript

  • 1. LOGO
  • 2. LOGO
  • 3. LOGOPada masa ini manusia menganut kepercayaan animisme, yaitu manusia percaya apa yang ada di bumi mempunyai suatu kekuatan spiritual/mistik yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia. Peran perawat tidak berkembang.
  • 4. LOGOPada permulaan abad XVI, manusiamengalami perubahan dari kepercayaanterhadap agama menjadi orientasi padakekuasaan yaitu perang.Eksplorasi kekayaan dan semangat kolonial.Gereja dan tempat-tempat ibadahditutup, padahal tempat ini digunakan olehorde-orde agama untuk merawat orang sakit.
  • 5. LOGODengan adanya perubahan ini, sebagai dampaknegatifnya bagi keperawatan adalah berkurangnyatenaga perawat. Untuk memenuhi kurangnyaperawat, bekas wanita tuna susila yang sudah bertobatbekerja sebagai perawat.Dampak positif pada masa ini, dengan adanya perangsalib, untuk menolong korban perang dibutuhkan banyaktenaga sukarela sebagai perawat, mereka terdiri dariorde-orde agama, wanita-wanita yang mengikuti suamiberperang dan tentara (pria) yang bertugas rangkapsebagai perawat.
  • 6. LOGO Mulai dikenalnya konsep P3K Perawat mulai dibutuhkan dalam ketentaraan sehingga timbul peluang kerja bagi perawat dibidang sosial.
  • 7. LOGOHotel Dieu di Lion Awalnya pekerjaan perawat dilakukan oleh bekas WTS yang telah bertobat. Selanjutnya pekerjaan perawat digantikan oleh perawat terdidik melalui pendidikan keperawatan di Rumah Sakit ini.
  • 8. LOGOPekerjaan perawat dilakukan oleh ordeagama. Sesudah Revolusi Perancis, ordeagama dihapuskan dan pekerjaanperawat dilakukan oleh orang-orangbebas.Pelopor perawat di RS ini adalahGenevieve Bouquet.
  • 9. LOGOPelopor perawat di RS ini adalah FlorenceNightingale (1820). Pada masa ini perawat mulaidipercaya banyak orang.Pada saat perang Crimean War, Florence ditunjukoleh negara Inggris untuk menata asuhankeperawatan di RS Militer di Turki.Hal tersebut memberi peluang bagi Florence untukmeraih prestasi dan sekaligus meningkatkan statusperawat. Kemudian Florence dijuluki dengan nama “The Lady of the Lamp”.
  • 10. LOGOPada permulaan abad ini perkembangankeperawatan berubah, tidak lagi dikaitkandengan faktor keagamaan akan tetapi berubahkepada faktor kekuasaan.Mengingat pada masa itu adalah masa perangdan terjadi eksplorasi alam sehingga pesatlahperkembangan pengetahuan.Pada masa itu tempat ibadah yang dahuludigunakan untuk merawat sakit tidak lagidigunakan.
  • 11. LOGODibagi menjadi dua, yaitu:  Masa sebelum kemerdekaan  Masa sesudah kemerdekaan
  • 12. Masa SebelumKemerdekaan LOGOMasa Penjajahan Belanda Perkembangam keperawatan di Indonesia dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi yaitu pada saat penjajahan kolonial Belanda, Inggris dan Jepang. Pada masa pemerintahan kolonial Belanda, perawat berasal dari penduduk pribumi yang disebut Velpeger dengan dibantu Zieken Oppaser sebagai penjaga orang sakit. Tahun 1799 didirikan rumah sakit Binen Hospital di Jakarta untuk memelihara kesehatan staf dan tentara Belanda.
  • 13. LOGO Gurbernur Jenderal Inggris ketika VOC berkuasa yaitu Raffles sangat memperhatikan kesehatan rakyat. Berangkat dari semboyannya yaitu kesehatan adalah milik manusia, ia melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki derajat kesehatan penduduk pribumi antara lain : – pencacaran umum – cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa – kesehatan para tahanan
  • 14. LOGO Setelah pemerintahan kolonial kembali ke tangan Belanda, kesehatan penduduk lebih maju. Pada tahun 1819 didirikan RS. Stadverband di Glodok Jakarta dan pada tahun 1919 dipindahkan ke Salemba yaitu RS. Cipto Mangunkusumo (RSCM). Tahun 1816 – 1942 berdiri rumah sakit – rumah sakit hampir bersamaan yaitu: RS. PGI Cikini Jakarta, RS. ST Carollus Jakarta, RS. ST. Boromeus di Bandung, RS Elizabeth di Semarang. Bersamaan dengan itu berdiri pula sekolah- sekolah perawat.
  • 15. Zaman Penjajahan Jepang (1942 – 1945) LOGO Pada masa ini perkembangan keperawatan mengalami kemunduran, dan dunia keperawatan di Indonesia mengalami zaman kegelapan. Tugas keperawatan dilakukan oleh orang-orang tidak terdidik, pimpinan rumah sakit diambil alih oleh Jepang, akhirnya terjadi kekurangan obat sehingga timbul wabah.
  • 16. LOGOPada tahun 1949 telah banyakrumah sakit yang didirikan serta balaipengobatan dan dalam rangkamemenuhi kebutuhan tenagakesehatan pada tahun 1952 didirikansekolah perawat, kemudian padatahun 1962 telah dibuka pendidikankeperawatan setara dengan diploma.
  • 17. LOGOPada tahun 1985 untuk pertama kalinya dibukapendidikan keperawatan setingkat dengan sarjanayang dilaksanakan di Universitas Indonesia dengannama Program Studi Ilmu Keperawatan.Dan akhirnya dengan berkembangnya IlmuKeperawatan, maka menjadi sebuah Fakultas Ilmukeperawatan dan beberapa tahun kemudian diikutiberdirinya pendidikan keperawatan setingkat S1 diberbagai universitas di Indonesia seperti diBandung, Yogyakarta, Surabaya dan lain-lain.
  • 18. LOGOSekarang perawat sudah menjadi profesi yangbanyak diminati dan dipilih oleh orang kebanyakan.Profesi perawat dianggap mempunyai jenjang karirdan masa depan yang lebih terjamin daripadaprofesi-profesi lainyaMeningkatnya tuntutan masyarakat terhadappelayanan keperawatan yang profesional, telahmemicu perawat untuk terus mengembangkandirinya dalam berbagai bidang, terutama penataansistem pendidikan keperawatan.
  • 19. LOGO
 
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment